Minggu, 24 Oktober 2010

Lagi2 Indonesia 'Expor Asap' Ke Singapura


Masalah kabut asap di Sumatera kembali melanda. Indonesia “mengekspor” asap lagi ke Singapura. Negeri pulau itu menyatakan kecewa karena Indonesia gagal menangani kabut asap terburuk dalam empat tahun ini.

Kebakaran lahan di Su­ma­tera menyebarkan kabut asap hing­ga ke Singapura. Pemerintah Negeri Merlion itu mendesak In­donesia untuk menanganinya.
Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Yaacob Ibrahim mengatakan, Singapura telah meminta Indonesia dalam beberapa kesempatan agar meng­ambil langkah-langkah ekstra untuk memastikan kebakaran hutan tidak terulang.
Jika situasi semakin membu­ruk, Singapura akan mem­per­tim­bang­kan menerbitkan saran ke­sehatan. Tetapi untuk sekarang, Indeks Standar Polutan (PSI) masih dalam kisaran moderat, yang ber­arti tidak ada tindakan pen­ce­gahan khusus harus di­ambil.
Berdasarkan data satelit yang dikeluarkan ASEAN Specialised Meteorological Centre, Selasa, ditemukan 358 titik api.
Pemerintah Riau sudah me­min­ta pemerintah pusat mela­ku­kan hujan buatan untuk me­ma­tikan 144 titik api di wilayah tersebut. Angin yang berhembus dari barat-selatan membawa asap ke Singapura akibat pembakaran lahan itu.
Malaysia juga dise­li­muti kabut tebal Rabu, de­ngan kualitas udara mencapai ting­kat tidak sehat berdasarkan Polutan Udara Index (API), paling buruk dibandingkan de­ngan 51 daerah lain secara nasional.
Penurunan kualitas udara telah dilaporkan selama dua hari ter­akhir di beberapa tempat seperti di utara Johor, Malaka, Negeri Sembilan dan Selangor, karena kabut asap dari Sumatera.
Se­mentara di Dumai, Riau, kabut asap pada Rabu menyebab­kan otoritas bandara mem­ba­talkan penerbangan karena jarak pandang yang tidak me­mung­kinkan untuk terbang.
Deputi Perdana Menteri (PM) Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin sampai turun tangan untuk mengatasi masalah ini. “Kalau sudah masuk tahap bahaya, pihak sekolah, termasuk guru bisa mengambil langkah penutupan sekolah se­mentara,” saran Yassin, Rabu (20/10) malam.
Beruntung asap yang dikirim bukan berjenis Flasbank atau WP SMoke D. Klo Jenis itu negara2 tetangga bisa mabok darat.


0 komentar:

Poskan Komentar

Web Hosting