Minggu, 24 Oktober 2010

7 Bank Ditutup, 139 Bank Tercatat Kolaps! di USA

WASHINGTON - Lembaga pengawas perbankan Amerika Serikat (Federal Deposit Insurance Corp/FDIC) menutup tujuh bank di Florida, Georgia, Illinois, Kansas dan Arizona. Sehingga secara keseluruhan sudah 139 bank di AS yang telah dinyatakan kolaps di tahun ini.

Seperti yang dilansir dari AP, Sabtu (23/10/2010), FDIC kemudian mengambil alih pengelolaan dan aset bank-bank tersebut.

Bank terbesar yang ditutup dan memiliki aset terbesar adalah Hillcrest Bank yang berbasis di Overland Park, Kanada, dengan jumlah aset USD1,6 miliar yang kemudian pengelolaannya diambil alih sementara oleh FDIC.

Selanjutnya Hillcrest Bank dan depositonya kemudian disewa oleh anak usaha sebuah perbankan dari Boston, NBH Holdings Corp. NBH Holding kemudian membangun kembali Hillcrest Bank yang baru dengan nama hampir serupa, Hillcrest Bank N.A.

Adapun mengenai jumlah kerugian sekitar USD1,1 miliar, FDIC dan Hillcrest Bank N.A. sepakat untuk menanggung secara bersama kerugian tersebut. Jumlah tersebut belum termasuk pada kerugian dana asuransi simpanan sebesar USD329,7 juta.

Selain Hillcrest Bank, bank lain yang ditutup oleh FDIC adalah First Bank Jacksonville, di Jacksonville Florida, dengan aset sebesar USD81 juta, Progress Bank, di Tampa Florida dengan total aset USD110,7 juta, First National Bank di Barnesville, Georgia dengan total aset sejumlah USD131,4 juta.

Berikutnya adalah Gordon Gerdon Bank, Georgia dengan aset USD29,4 juta, Suburban First National Bank, MAywood Illinois dengan aset USD148,7 juta. First Arizona Savings, Scottdale Arizona dengan aset USD272,2 juta.

Florida, Georgia dan Illinois adalah negara bagian yang paling banyak terdapat penutupan bank di tahun ini. Hal ini karena perekonomian mereka dinilai masih belum stabil dan masih terkena imbas krisis subprime mortage 2008 silam. Pada penutupan pasar kemarin terhitung di Georgia sudah 27 bank yang dinyatakan pailit di tahun ini, Sedangkan 16 bank ditutup di Illinois.

Dengan ditutupnya 139 bank di Oktober ini, berarti jumlah bank yang ditutup sudah melebihi perolehan di periode Januari-Oktober di tahun lalu yang tercatat sebanyak 106 bank dinyatakan kolaps.


1 komentar:

ugruks mengatakan...

wah yg duwitnya banyak mau di simpan kemana..... susah ni aku,,,, duwitku mau tak simpan dimana lagi,,, klo di indonesia bank sering di rampok.... ckckckckc

Posting Komentar

Web Hosting